Program Ilmu Komunikasi



Ilmu Komunikasi mengkaji dalam peminatan Journalism, Public Relations, Broadcast, Advertising. Ilmu Komunikasi mempelajari, antara lain: teori komunikasi; perkembangan teknologi komunikasi; dan metode penelitian komunikasi. Peminatan Journalism mengkaji, memproduksi, dan mengembangkan karya Jurnalistik. Peminatan Journalism mempelajari, antara lain: jurnalistik media cetak, radio, dan televisi; teknik menulis di media; serta hukum dalam media massa dan etika media. Arah kajian peminatan Journalism mencakup proses peliputan, reportase, penulisan, dan pengembangan karya jurnalistik. Peminatan Public Relations mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan manajemen dan strategi kehumasan. Peminatan Public Relations mempelajari, antara lain: teknik penulisan Public Relations; manajemen krisis dan reputasi perusahaan; dan mengelola acara khusus. Arah kajian peminatan Public Relations mencakup pengelolaan departemen atau perusahaan Public Relations.


Komunikasi dan kompetensi peminatan Journalism dan Public Relations:
  • Mempunyai kemampuan bekerja pada era globalisasi dengan dukungan pengetahuan, keterampilan, dan bahasa, serta memiliki etika profesi dan profesionalisme.
  • Mempunyai wawasan, pengetahuan, dan kemampuan yang memadai untuk memahami, menganalisis, dan memecahkan permasalahan-permasalahan dan fenomena komunikasi yang terjadi dalam masyarakat.
  • Mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan keahlian dalam mengelola industri media, baik Media Cetak (surat kabar, majalah, dan tabloid), Media Elektronik (televisi, radio, dan film), maupun Media On-Line.
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam meliput dan menulis berita (news) serta menulis opini untuk dimuat di Media.
  • Mampu merancang dan melaksanakan berbagai Program Jurnalistik untuk Media Elektronik, seperti: liputan khusus, debat topik masalah hangat, dan live interviews .
  • Mempunyai kemampuan akademis untuk melakukan penelitian di bidang Journalism, juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
-Mempunyai profesionalisme di bidang Public Relations yang dapat diterapkan pada lembaga pemerintah, swasta, maupun organisasi nirlaba.
-Mempunyai keahlian menulis kehumasan, menyelenggarakan acara khusus, menangani krisis organisasi, membina hubungan dengan publik organisasi—termasuk media.
-Mempunyai kemampuan akademis untuk melakukan penelitian di bidang Public Relations , juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Peluang karir untuk mahasiswa komunikasi ada pada hampir semua organisasi atau perusahaan


No
Peluang Karier
Keterangan
1
Pengamat Komunikasi Publik, Pengamat Komunikasi Politik, Pengamat Media, Pengamat Humas Pemerintah
Pemerhati dan pengamat masalah-masalah dan fenomena komunikasi yang terjadi di masyarakat
2
Programmer Program Siaran Televisi
Perancang, pengelola, dan pengembang program acara radio dan televisi.
3
Editor, Reporter, Announcer, Journalism Photographer, Cameraman
Perancang, pengelola, dan pengembang karya jurnalistik di surat kabar, majalah, televisi, radio, dan media on-line
4
Correspondent, Columnist, Feature Writer
Penulis dan koresponden di surat kabar dan majalah
4
Perancang dan Pengelola Media Baru
Perancang dan pengelola media baru, termasuk media perusahaan seperti newsletters, tabloid, dan inhouse magazine, website, dan homepage.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar