Jurnalistik dan Public Relation

Konsentrasi Ilmu Jurnalistik
Pendidikan Program studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Ilmu Jurnalistik Strata Satu (S1), bertujuan mempersiapkan sarjana yang terampil serta akademis dan profesional sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola dibidang jurnalistik.
Sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, kurikulum pendidikan dalam program studi ini memberikan perhatian terhadap aspek yang menyangkut perkembangan, proses, dampak, dan pendayagunaan teknologi komunikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, sarjana Ilmu sosial bidang studi ilmu komunikasi konsentrasi ilmu jurnalistik, diharapkan memiliki :
1. Kemampuan dalam mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita/artikel, tajuk rencana, laporan mendalam secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik.
2. Pemahaman akan hukum yang mengatur media massa
3. Kepekaan akan aspek-aspek kehidupan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
4. Kemampuan mengelola dan mengembangkan usaha penerbitan media cetak dan atau elektronik.
5. Kemampuan melakukan penelitian dibidang media massa.

Luasnya bidang yang membutuhkan para sarjana bidang studi Ilmu Komunikasi, baik dibidang pemerintah maupun swasta merupakan lapangan pekerjaan yang terbuka bagi sarjana Ilmu Sosial ini, terutama sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola, dan bidang-bidang khusus seperti perusahaan penerbitan SK, majalah, TV, Radio, Film, dan pekerjaan lain yang berkaitan.

Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Pendidikan program studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relation), bertujuan menghasilkan sarjana yang dapat bekerja dilembaga-lembaga pemerintah dan perusahaan-perusahaan swasta.
Hubungan Masyarakat penting dalam suatu organisasi, karena keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai misi dan tujuannya ditentukan oleh peranan dan kegiatan hubungan masyarakat dalam memelihara hubungan baik dengan publik sasaran baik internal maupun eksternal.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Sarjana Ilmu Sosial bidang studi ilmu komusikasi Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat diharapkan memiliki:
1. Pengetahuan tentang berbagai kegiatan lembaga eksternal dan internal, memantau, menemukan serta membantu dan memecahkan masalah yang timbul dalam hubungan publik.
2. Pengetahuan dan wawasan dibidang teknis penelitian, perencanaan dan pengelolaan program kehumasan serta melakukan komunikasi dan evaluasi.
3. Kemampuan menggunakan Teknik Komunikasi lisan maupun tulisan, gambar dalam situasi perorangan, kelompok dan massa.
4. Kemampuan dan keterampilan dibidang kehumasan dan menciptakan kerjasama untuk kepentingan kehumasan bersama.

Lapangan pekerjaan bagi para lulusan program studi ini cukup luas, karena semua organisasi pemerintah maupun swasta memiliki unit kerja, khususnya yang menangani hubungan masyarakat.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Waaaa…..selain pelajaran yang seru seperti ngedit video, ngedit berita, nulis artikel dan bikin majalah. Prospek kerja Ilmu Komunikasi juga terbuka luas. Pengen jadi penulis…produser acara teve, wartawan? Semua media bakal membuka kesempatan luas bagi jurusan ini.

Prospek Kerja Jurusan PR :
Bagi lulusan Ilmu Komunikasi, prospek berkarirnya luas. Hampir di setiap perusahaan pasti memerlukan yang namanya PR. Prospek profesi lulusan Ilmu Komunikasi jurusan PR bisa bekerja sebagai Public Relation perusahaan.
Kalo perusahaan besar, perlu banyak PR untuk media monitoring dan relation. Selain itu, bisa juga jadi Account Executive dan juru bicara perusahaan. Bisa dibayangin berapa gajinya?

Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik :
Kalau kamu ambil jurusan Jurnalistik, kamu bisa jadi wartawan media cetak maupun reporter TV. Sebagai pemimpin media, manajer produksi dan komunikasi pemasaran media. Sebagai konsultan media, Presenter, Kamerawan, Script Writer ato produser program TV dan radio, dan semua yang berhubungan dengan media.
Gimana, tertarik belajar Ilmu Komunikasi?

2 komentar:

  1. kalau di Humas ada belajar editing Video gak Mbak ??

    Mhon d reply y
    klau berkenan
    tlong d bls ke nmor 087867465272

    krn sya mau ambl Ilmu kmnkasi
    tp msh ragu2 Mbak

    Trima Kasih

    BalasHapus
  2. Setiap universitas beda, kebanyakan diajarin. ada di matakuliah umumnya

    BalasHapus