Survei Gambaran Organisasi


Survei sikap yang  menentukan persepsi publik terhadap sebuah organisasi menolong manajer public relations dalam memperoleh pandangan secara menyeluruh tentang gambaran organisasi. Secara umum, riset seperti itu berusaha untuk mengukur (1) keakraban publik dengan organisasi, pegawainya, produknya, kebijakannya, dan segi lainnya; (2) tingkat persepsi positif atau negatif publik tentang organisasi; serta (3) karakteristik berbagai publik yang mengacu pada organisasi tersebut. Sering kali, organisasi menggunakan survei seperti ini sebagai alat perencanaan dalam membandingkan gambaran yang sudah ada dengan gambaran yang diinginkan. Segera setelah perbedaannya bisa diketahui, tujuan gambaran yang ingin diciptakan dapat ditetapkan dan rencana strategis dapat dibuat untuk mengatasi masalah yang teridentifikasi. Sebagai contoh, kota – kota yang berusaha menarik konvensi dan turis bisnis untuk berkunjung ke kotanya, kota – kota tersebut secara periodik memeriksa gambaran mereka yang dipersepsi oleh kelompok utama dan kemudian menggunakan data ini untuk mengevaluasi teknik menarik turis yang telah mereka lakukan.

Walaupun beberapa organisasi melakukan sendiri penelitian gambaran mereka, banyak organisasi yang menggunakan konsultan luar atau organisasi riset untuk memberi mereka data terkait gambaran ini. Beberapa organisasi besar yang menyediakan data seperti ini adalah Opinion Research Centre,Inc.;Louis Harris and Associates; dan Yankolovich,Skelly,and White.

Sumber : Public Relations Profesi dan Praktik oleh Dan Lattimore, Otis Baskin, Suzette T. Heiman, Elizabeth L.Toth. hal. 120

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar