Survei sikap yang menentukan persepsi publik terhadap sebuah
organisasi menolong manajer public relations dalam memperoleh pandangan secara
menyeluruh tentang gambaran organisasi. Secara umum, riset seperti itu berusaha
untuk mengukur (1) keakraban publik dengan organisasi, pegawainya, produknya,
kebijakannya, dan segi lainnya; (2) tingkat persepsi positif atau negatif
publik tentang organisasi; serta (3) karakteristik berbagai publik yang mengacu
pada organisasi tersebut. Sering kali, organisasi menggunakan survei seperti
ini sebagai alat perencanaan dalam membandingkan gambaran yang sudah ada dengan
gambaran yang diinginkan. Segera setelah perbedaannya bisa diketahui, tujuan
gambaran yang ingin diciptakan dapat ditetapkan dan rencana strategis dapat dibuat
untuk mengatasi masalah yang teridentifikasi. Sebagai contoh, kota – kota yang
berusaha menarik konvensi dan turis bisnis untuk berkunjung ke kotanya, kota –
kota tersebut secara periodik memeriksa gambaran mereka yang dipersepsi oleh
kelompok utama dan kemudian menggunakan data ini untuk mengevaluasi teknik
menarik turis yang telah mereka lakukan.
Walaupun beberapa organisasi melakukan sendiri penelitian gambaran mereka,
banyak organisasi yang menggunakan konsultan luar atau organisasi riset untuk
memberi mereka data terkait gambaran ini. Beberapa organisasi besar yang
menyediakan data seperti ini adalah Opinion Research Centre,Inc.;Louis Harris
and Associates; dan Yankolovich,Skelly,and White.
Sumber : Public Relations Profesi dan Praktik oleh Dan Lattimore, Otis
Baskin, Suzette T. Heiman, Elizabeth L.Toth. hal. 120
Tidak ada komentar:
Posting Komentar