Pameran sebagai alat promosi


PAMERAN SEBAGAI ALAT PROMOSI

Salah satu promosi yang efektif dalam memperkenalkan suatu produk ke pasar adalah dengan mengikuti atau mengadakan pameran. Saat ini sudah banyak event organizer yang khusus menjadi penyedia sarana pameran tersebut, sehingga perusahaan tidak perlu repot untuk mengadakan pameran sendiri. Sebenarnya apa pengertian pameran ?dari segi bahasa pameran berasal dari kata pamer yang berarti menunjukkan (mendemonstrasikan) sesuatu kepada orang banyak dengan maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulannya.

Apa manfaat pameran bagi perkembangan suatu produk? Pameran mempunyai manfaat antara lain :

1. Memperkenalkan produk baru
Dalam hal ini seharusnya penjaga pameran bereaksi terhadap perkembangan reaksi pengunjung pameran dari bentuk respon sekecil apapun, jika perlu pancing reaksi baik ucapan, penolakan, dll .
2. Memperkenalkan produk hasil modifikasi

Misal anda memiliki usaha bidang obat herbal, nah anda mecoba menggabungkan dari berbagai bahan-bahan herbal yang berkualitas namun itu tidak lazim, dan orang lain belum merasakan manfaatnya, dengan pameran anda harus mencoba masuk bahwa modifikasi ini adalah sebuah inovasi, dan sosialisasikan di pameran, Jangan sampai anda juga berpikir bahwa modifikasi ini hanya sebuah bentuk produk baru. Ini eranya inovasi

3.Memperkuat Citra perusahaan

Jika perusahaan anda berkembang dari tahun-tahun sebelumnya, maka selain memajang produk di pameran maka anda perlu membuat diagram statistik bahwa ada kemajuan terhadap produk anda, karena pengunjungpun bisa berempati dan memperhatikan bukan mulai dari produk anda tetapi informasi perkembangang penjualan, kepuasan dari produk dan perusahaan anda. Bangun citra, lewat informasi, produk dan respon.

4. Mengumpulan informasi pesaing

Jangan pernah melewatkan sekalipun mengumpulkan informasi pesaing jika dalam pameran bidang yang sama. Informasi dari pesaing bisa harga, alat/mesin, hasil terbaru, cabang/agen terbaru. Produk unggulan, dll

5. Menguji penjualan anda saat pameran

Keberhasilan jangka panjang, harus diuji dengan jangaka pendek. Untuk itu pameran bisa dijadikan cermin dari produk anda, dan hasil penjualan perlu dicatat sebagai evaluasi.

6. Menguji SDM dan kekuatan teamwork

Saat pameran maka anda juga bisa menguji SDM yang ada baik dari marketing, quality control, produk dan pengepakan. Dll Setidaknya ketika titik temu antara produsen dengan konsumen sedang tinggi maka harusnya SDM juga cukup perhatian terhadap kesempatan ini.

Selain itu manfaat lain dari pameran adalah : Bahan Ajar Produksi Media Public Relations By GumgumGumilar, S.Sos., M.Si.

·                     Merupakan satu-satunya media periklanan yang menyentuh semua pancaindra : mata,telinga,hidung dan kulit.
·                     Pos atau pusat penerangan yang melayani segenap peserta pameran dan juga pengunjung,terutama kalangan media massa.
·                     Publisitas yang mulai disebarkan sebelum acara itu dibuka, selama, atau sesudah acara berlangsung, akan dapat meningkatkan daya tariknya sehingga akan lebih mudah memikat perhatian pengunjung.
·                     Publikasi tersebut akan menyebarluaskan pesan-pesan pihak penyelenggara kepada ribuan orang, termasuk yang berhalangan hadir.
·                     Menggalang pemahaman dan pengetahuan khalayak mengenai organisasi atau produk-produknya.
·                     Pameran dapat menjadi koreksi terhadap persepsi maupun impresi seseorang.
·                     Melekatnya suatu pengalaman pada diri seseorang dengan lebih terjamin.
·                     Memikat perhatian lebih besar
·                     Dapat mempertimbangkan minat public

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar