Kamis, 15 September 2011

Program Ilmu Komunikasi



Ilmu Komunikasi mengkaji dalam peminatan Journalism, Public Relations, Broadcast, Advertising. Ilmu Komunikasi mempelajari, antara lain: teori komunikasi; perkembangan teknologi komunikasi; dan metode penelitian komunikasi. Peminatan Journalism mengkaji, memproduksi, dan mengembangkan karya Jurnalistik. Peminatan Journalism mempelajari, antara lain: jurnalistik media cetak, radio, dan televisi; teknik menulis di media; serta hukum dalam media massa dan etika media. Arah kajian peminatan Journalism mencakup proses peliputan, reportase, penulisan, dan pengembangan karya jurnalistik. Peminatan Public Relations mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan manajemen dan strategi kehumasan. Peminatan Public Relations mempelajari, antara lain: teknik penulisan Public Relations; manajemen krisis dan reputasi perusahaan; dan mengelola acara khusus. Arah kajian peminatan Public Relations mencakup pengelolaan departemen atau perusahaan Public Relations.


Komunikasi dan kompetensi peminatan Journalism dan Public Relations:
  • Mempunyai kemampuan bekerja pada era globalisasi dengan dukungan pengetahuan, keterampilan, dan bahasa, serta memiliki etika profesi dan profesionalisme.
  • Mempunyai wawasan, pengetahuan, dan kemampuan yang memadai untuk memahami, menganalisis, dan memecahkan permasalahan-permasalahan dan fenomena komunikasi yang terjadi dalam masyarakat.
  • Mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan keahlian dalam mengelola industri media, baik Media Cetak (surat kabar, majalah, dan tabloid), Media Elektronik (televisi, radio, dan film), maupun Media On-Line.
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam meliput dan menulis berita (news) serta menulis opini untuk dimuat di Media.
  • Mampu merancang dan melaksanakan berbagai Program Jurnalistik untuk Media Elektronik, seperti: liputan khusus, debat topik masalah hangat, dan live interviews .
  • Mempunyai kemampuan akademis untuk melakukan penelitian di bidang Journalism, juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
-Mempunyai profesionalisme di bidang Public Relations yang dapat diterapkan pada lembaga pemerintah, swasta, maupun organisasi nirlaba.
-Mempunyai keahlian menulis kehumasan, menyelenggarakan acara khusus, menangani krisis organisasi, membina hubungan dengan publik organisasi—termasuk media.
-Mempunyai kemampuan akademis untuk melakukan penelitian di bidang Public Relations , juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Peluang karir untuk mahasiswa komunikasi ada pada hampir semua organisasi atau perusahaan


No
Peluang Karier
Keterangan
1
Pengamat Komunikasi Publik, Pengamat Komunikasi Politik, Pengamat Media, Pengamat Humas Pemerintah
Pemerhati dan pengamat masalah-masalah dan fenomena komunikasi yang terjadi di masyarakat
2
Programmer Program Siaran Televisi
Perancang, pengelola, dan pengembang program acara radio dan televisi.
3
Editor, Reporter, Announcer, Journalism Photographer, Cameraman
Perancang, pengelola, dan pengembang karya jurnalistik di surat kabar, majalah, televisi, radio, dan media on-line
4
Correspondent, Columnist, Feature Writer
Penulis dan koresponden di surat kabar dan majalah
4
Perancang dan Pengelola Media Baru
Perancang dan pengelola media baru, termasuk media perusahaan seperti newsletters, tabloid, dan inhouse magazine, website, dan homepage.

Jurnalistik dan Public Relation

Konsentrasi Ilmu Jurnalistik
Pendidikan Program studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Ilmu Jurnalistik Strata Satu (S1), bertujuan mempersiapkan sarjana yang terampil serta akademis dan profesional sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola dibidang jurnalistik.
Sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, kurikulum pendidikan dalam program studi ini memberikan perhatian terhadap aspek yang menyangkut perkembangan, proses, dampak, dan pendayagunaan teknologi komunikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, sarjana Ilmu sosial bidang studi ilmu komunikasi konsentrasi ilmu jurnalistik, diharapkan memiliki :
1. Kemampuan dalam mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita/artikel, tajuk rencana, laporan mendalam secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik.
2. Pemahaman akan hukum yang mengatur media massa
3. Kepekaan akan aspek-aspek kehidupan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
4. Kemampuan mengelola dan mengembangkan usaha penerbitan media cetak dan atau elektronik.
5. Kemampuan melakukan penelitian dibidang media massa.

Luasnya bidang yang membutuhkan para sarjana bidang studi Ilmu Komunikasi, baik dibidang pemerintah maupun swasta merupakan lapangan pekerjaan yang terbuka bagi sarjana Ilmu Sosial ini, terutama sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola, dan bidang-bidang khusus seperti perusahaan penerbitan SK, majalah, TV, Radio, Film, dan pekerjaan lain yang berkaitan.

Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Pendidikan program studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relation), bertujuan menghasilkan sarjana yang dapat bekerja dilembaga-lembaga pemerintah dan perusahaan-perusahaan swasta.
Hubungan Masyarakat penting dalam suatu organisasi, karena keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai misi dan tujuannya ditentukan oleh peranan dan kegiatan hubungan masyarakat dalam memelihara hubungan baik dengan publik sasaran baik internal maupun eksternal.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Sarjana Ilmu Sosial bidang studi ilmu komusikasi Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat diharapkan memiliki:
1. Pengetahuan tentang berbagai kegiatan lembaga eksternal dan internal, memantau, menemukan serta membantu dan memecahkan masalah yang timbul dalam hubungan publik.
2. Pengetahuan dan wawasan dibidang teknis penelitian, perencanaan dan pengelolaan program kehumasan serta melakukan komunikasi dan evaluasi.
3. Kemampuan menggunakan Teknik Komunikasi lisan maupun tulisan, gambar dalam situasi perorangan, kelompok dan massa.
4. Kemampuan dan keterampilan dibidang kehumasan dan menciptakan kerjasama untuk kepentingan kehumasan bersama.

Lapangan pekerjaan bagi para lulusan program studi ini cukup luas, karena semua organisasi pemerintah maupun swasta memiliki unit kerja, khususnya yang menangani hubungan masyarakat.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Waaaa…..selain pelajaran yang seru seperti ngedit video, ngedit berita, nulis artikel dan bikin majalah. Prospek kerja Ilmu Komunikasi juga terbuka luas. Pengen jadi penulis…produser acara teve, wartawan? Semua media bakal membuka kesempatan luas bagi jurusan ini.

Prospek Kerja Jurusan PR :
Bagi lulusan Ilmu Komunikasi, prospek berkarirnya luas. Hampir di setiap perusahaan pasti memerlukan yang namanya PR. Prospek profesi lulusan Ilmu Komunikasi jurusan PR bisa bekerja sebagai Public Relation perusahaan.
Kalo perusahaan besar, perlu banyak PR untuk media monitoring dan relation. Selain itu, bisa juga jadi Account Executive dan juru bicara perusahaan. Bisa dibayangin berapa gajinya?

Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik :
Kalau kamu ambil jurusan Jurnalistik, kamu bisa jadi wartawan media cetak maupun reporter TV. Sebagai pemimpin media, manajer produksi dan komunikasi pemasaran media. Sebagai konsultan media, Presenter, Kamerawan, Script Writer ato produser program TV dan radio, dan semua yang berhubungan dengan media.
Gimana, tertarik belajar Ilmu Komunikasi?

Perangkat dan Framing Entman

Framing Entnam             Menurut Entnam, meskipun analisis framing dipakai dalam berbagai bidang studi yang beragam, satu faktor yang m...