Kegiatan Public
Relations
Kegiatan Public
Relations adalah kegiatan yang ditujukan untuk publiknya. Berdasarkan
jenis publiknya kegiatan Public
Relations terbagi menjadi dua yaitu :
1.
Eksternal
Public Relations
Hubungan dengan publik
diluar perusahaan merupakan keharusan yang mutlak. Karena perusahaan tidak
mungkin berdiri sendiri tanpa bekerja sama dengan perusahaan yang lain. Karena
itu perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis dengan publik-publik khususnya
dan masyarakat umumnya.
Salah satunya dengan
melakukan komunikasi dengan publik ekstern secara informatif dan persuasif. Informasi
yang disampaikan hendaknya jujur, teliti dan sempurna berdasarkan fakta yang
sebenarnya. Secara persuasif, komunikasi dapat dilakukan atas dasar
membangkitkan perhatian komunikan (publik) sehingga timbul rasa tertarik.
Masalah yang perlu
dipecahkan dalam kegiatan external public relations meliputi bagaimana
memperluas pasar bagi produksinya, memperkenalkan produksinya kepada
masyarakat, mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari publik maupun
masyarakat, memelihara hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan
pendapat publik terhadap perusahaan, memelihara hubungan baik dengan pers dan
para opinion leader, memelihara hubungan baik dengan publik dan para
pemasok yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan mencapai rasa
simpatik dan kepercayaan dari publik dalam masyarakat.
ᴥ
Tindakan-tindakan yang harus
dilakukan external public relations seperti :
Menganalisa dan menilai sikap dan opini
publik yang menanggapi kebijaksanaan pimpinan perusahaan dalam menggerakkan
pegawainya dan menerapkan metodenya
Mengadakan koreksi dan saran kepada
pimpinan perusahaan, terutama kegiatan yang mendapat sorotan atau kritikan
publik
Mempersiapkan bahan-bahan penerangan dan
penjelasan yang jujur dan objektif agar publik tetap memperoleh kejelasan
tentang segala aktivitas dan perkembangan perusahaan
Ikut membantu pimpinan dalam hal
menyusun atau memperbaiki formasi staf ke arah yang efektif
Mengadakan penyelidikan atau penelitian
tentang kebutuhan, kepentingan dan selera publik akan barang-barang yang
dihasilkan perusahaan.
Kegiatan Eksternal Public
Relations ini ditujukan untuk publik eksternal organisasi/perusahaan, yaitu
keseluruhan elemen yang berada di luar perusahaan yang tidak berkaitan secara
langsung dengan perusahaan, seperti masyarakat sekitar perusahaan, pers,
pemerintah, konsumen, pesaing dan lain sebagainya
Melalui kegiatan eksternal ini,
diharapkan dapat menciptakan kedekatan dan kepercayaan publik eksternal kepada
perusahaan. Dengan begitu maka akan tercipta hubungan yang harmonis antara
organisasi/ perusahaan dengan publik eksternalnya, sehingga dapat menimbulkan
citra baik atas perusahaan dimata publiknya.
ᴥ Kegiatan hubungan eksternal yang dilakukan
oleh seorang Public Relations Officer, yaitu
a. Hubungan
dengan komunitas (community relations)
Membina hubungan dengan komunitas
merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan disekitar perusahaan.
Ini juga dapat diartikan sebagai tanda terima kasih perusahaan kepada
komunitas. Dengan begitu menunjukan bahwa perusahaan tidak hanya sekedar
mengambil keuntungan dari mereka, melainkan ikut peduli dan mau berbagi apa
yang diperoleh perusahaan dari lingkungan yang merupakan milik bersama.
Hubungan dengan komunitas ini seringkali diwujudkan dalam program Corporate
Social Responsibility.
b. Hubungan
dengan pelanggan (costumer relations)
Membina hubungan baik dengan
pelanggan, dilakukan agar dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan
pelanggan terhadap produk dan perusahaan itu sendiri. Menurut Seitel (2001 :
455) tujuan hubungan konsumen antara lain (1) mempertahankan pelanggan lama,
(2) menarik pelanggan baru, (3) memasarkan/memperkenalkan produk atau jasa baru,
(4) memudahkan penanganan keluhan pelanggan dan (5) mengurangi biaya. Costumer
relations dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain plant tour,
iklan, film, pameran, publisitas, brosur, dan special events.
c. Hubungan
dengan media massa dan pers (media & press relations)
Hubungan dengan media dan pers
merupakan sebagai alat, pendukung atau media kerja sama untuk kepentingan
proses publikasi dan publisitas berbagai kegiatan program kerja atau untuk
kelancaran aktivitas komunikasi humas dengan pihak publik. Dengan
hubungan baik dengan media dan pers, perusahaan bisa mengontrol, mencegah, dan
meminimalisir pemberitaan-pemberitaan negatif atau salah tentang perusahaan di
media massa. Hubungan dengan pers dapat dilakukan melalui kontak formal dan
kontak informal. Bentuk hubungan melalui kontak formal antara lain konfrensi
pers, wisata pers (press tour), taklimat pers (press briefing),
dan resepsi pers. Sedangkan bentuk hubungan melalui kontak informal antara lain
keterangan pers, wawancara pers, dan jumpa pers (press gathering).
d. Hubungan
dengan pemerintah (government relations)
Hubungan yang baik dengan pemerintah
bisa memudahkan perusahaan dalam menyesuaikan kebijakan yang akan diambil
dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, sehingga kebijakan tersebut terwujud
sesuai dengan aturan pemerintah dan tidak melanggar hukum.
► Contoh public eksternal
PR dalam suatu perusahaan :
·
Mayarakat: Orang yang nantinya akan membantu kelancaran
proses distribusi bahkan bias saja sekaligus menjadi konsumennya.
·
Konsumen: Pemakai produk dari suatu perusahaan.
·
Internet: Bisa menaikkan jumlah pembelian produk dgn
cara melakukan penjualan online.
·
Media: Bisa menaikkan penjualan dengan memasang iklan
yg menarik di media
·
Pasar: Pasar yg strategis dan kondusif akan
memudahkan pendistribusian produk
·
Bank: Tempat penyimpanan agar dana perusahaan ttp
berputar
·
Transportasi: Transportasi yang baik melancarkan proses
distribusi produk.
·
Cuaca: Mempengaruhi pendisteribusian produk.
2.
Internal
Public Relations
Kegiatan Internal Public
Relations merupakan kegiatan yang ditujukan untuk publik internal
organisasi/perusahaan. Publik internal adalah keseluruhan elemen yang
berpengaruh secara langsung dalam keberhasilan perusahaan, seperti
karyawan, manajer, supervisor, pemegang saham, dewan direksi perusahaan dan
sebagainya
Melalui kegiatan Internal Public
Relations diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan publik
internal dari organisasi/perusahaan. Dengan hubungan yang harmonis antara
pihak-pihak yang terkait dalam perusahaan maka akan tercipta iklim kerja yang
baik. Dengan begitu kegiatan operasional perusahaan akan berjalan dengan
lancar.
ᴥ Kegiatan hubungan internal yang dilakukan oleh
seorang Public Relations Officers, yaitu
a.
Hubungan dengan karyawan
(employee relations)
Seorang PR harus mampu berkomunikasi
dengan segala lapisan karyawan baik secara formal maupun informal untuk
mengetahui kritik dan saran mereka sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan
dalam pengambilan kebijakan dalam organisasi/perusahaan. Seorang PR harus mampu
menjembatani komunikasi antara pimpinan dan karyawan. Karena dengan diadakan
program employee relations diharapkan akan menimbulkan hasil yang
positif yaitu karyawan merasa dihargai dan diperhatikan oleh pimpinan
perusahaan. Sehingga dapat menciptakan rasa memilki (sense of belonging),
motivasi, kreativitas dan ingin mencapai prestasi kerja semaksimal mungkin.
b.
Hubungan dengan pemegang saham
(stockholder relations)
Seorang PR juga harus mampu membina
hubungan yang baik dengan pemegang saham, serta mampu mengkomunikasikan apa
yang terjadi dalam organisasi/perusahaan. Karena sebagai penyandang dana,
mereka harus selalu tahu perkembangan perusahaan secara transparan agar dapat
meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Dengan demikian akan menghilangkan
kesalahpahaman dan kecurigaan terhadap perusahaan.
► Contoh public internal
PR dalam suatu perusahaan :
·
Pimpinan: Memegang
kendali agar perusahaan tetap kokoh
·
Pemegam saham: Membantu pimpinan dalam mengendalikan
perusahaan
·
Karyawan: Secara
tidak langsung dan langsung ikut serta mengendalikan perusahaan
·
Peraalatan perusahaan: Kalau tidak ada peralatan,perusahaan tdiak
dapat memproduksi produk
·
Produk: Merupakan bagian internal terpenting dalam
suatu perusahaan.
·
Gaji: Kalau
gaji layak maka karyawan akan semakin giat untuk memproduksi produk.
bagus banget blognya mba.. salam fikom ya..!
BalasHapushalo, thanks buat content blognya, saya mau kutip untuk TA saya, boleh tau sumber bukunya dari mana aja? thank you :)
BalasHapusTentang tulisan diatas ini? Public relations ya?
BalasHapus> Elvinaro, Soleh Soemirat 2007 - Dasar-dasar Public Relations.
>Rudi Ruslan 2007 - Manajemen Public Relations dalam Media Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi.
>Djaja, Danan 1985 - Peranan Humas dalam Perusahaan.
>Jefkins Frank 1992 - Public Relations (edisi keempat).
>Moore, Frazier 1988 - Hubungan Masyarakat Prinsip, Kasus dan Masalah Dua.
dalam sub kegiatan hubungan internal yang dilakukan oleh seorang public relations officers, anda pakai buku siapa ya?
HapusNadi : salam
BalasHapusmba aku lagi bikin skripsi nih bisa minta rekomendasi untuk bukunya boleh yaa, jadi skripsiku tentang duta wisata gitu mba, duta wisata kan PR juga kan ya jatohnya, kira2 buku yg relevan apa ya mba? mohon bantuannya trimakasih
BalasHapusmantab! artikel blognya keren.. :)
BalasHapusminta ijin kutip buat makalah saya ya.. Terima kasih :)
sukses dan salam komunikasi.. :D
- aris -
assalamualaikum
BalasHapussalam fikom ....minta izin mau ngutip ....
Ijin mengutip ya
BalasHapusizin mengutip, terima kasih^^
BalasHapussumber mana sumber?
BalasHapussumber mana sumber?
BalasHapuskalau strategi pembuatan media eksternal gimana?
BalasHapusizin mengutip ya kak... :)
BalasHapusmaap kalo bolah tahu itu buku referensinya apa saja yaakkk
BalasHapusyang Kegiatan hubungan eksternal yang dilakukan oleh seorang Public Relations Officer, sumbernya drmana ya ?
BalasHapusTerima kasih Kak, sangat membantu
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusTerimakasih blog nya sangat membantu, mungkin bsa lebih di kembangkan lg atau ada nanti bsa minta emailnya buat sharing
BalasHapusTerimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
BalasHapusOh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Penyewaan Misty Fan untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.
Terimakasih lagi min,
Salam blogger.
terima kasih atas tulisannya kak!
BalasHapusHal-hal yang dilakukan oleh public relation organisasi ketika ada permasalahan di antara kedua publik internal di dalam perusahaan?
BalasHapusizin mengutip kakak
BalasHapus