Andini Nursalina Martadila
0943010178
PMPR - B
Pemilihan Media Public
Relations
a.
Media Public Relations
Jenis media massa ini merupakan prioritas utama
sebagai media atau alat untuk tujuan publikasi dan sebagai upaya penyampaian
pesan – pesan dan informasi secara luas.
1.
Media cetak yang bersifat komersial (news media),
misalnya kabar harian, tabloid, majalah hiburan atau hiburan yang terbitnya
secara berkala mingguan dan bulanan dan di baca oleh masyarakat umum.
2.
Media elektronik seprti halnya Radio dan TV, Radio
niaga lainnya yang mempunyai pendengar atau jumlah luas.
Media
Internal Perusahaan
1.
The Sales Bulletin, merupakan bentuk media komunikasi
reguler antara manajer penjualan dengan salesman yang berada di lapangan, dan
biasanya di terbitkan secara mingguan.
2.
The Newsletter, merupakan
media informasi atau siaran berita singkat, ditujukan pada pembaca yang sibuk
atau tidak memiliki waktu untuk membaca berita terlalu panjang dan rinci.
3.
The magazine, suatu bentuk majalah yang berisikan
tulisan feature, artikel, gambar – gambar dan biasanya diterbitkan berkala
secara bulanan atau dwibulanan.
4.
The tabloid newspaper, yaitu media yang
mirip dengan surat kabar populer dan berisikan berita – berita pokok, artikel
populer yang pendek dan dilengkapi dengan gmbar atau ilustrasi yang menarik
pembaca, biasanya diterbitkan secara mingguan, bulanan, dwibulanan.
5.
Thw wall newspaper, merupakan bentuk media yang sering
digunakan sebagai media komunikasi internal antar karyawan
b.
Jenis Media Lini Bawah
Adapun jenis
media lini bawah salah satu bentuknya, antara lain berbentuk, yaitu :
pertama :
Prensentasi pengenalan , presentasi untuk pendidikan atau tujuan bisnis,
sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada publik atau
konsumennya, termasuk mengadakan
·
Seminar
·
Special event ( acara khusus)
·
Diskusi
·
Berdialog
·
Rapat
Untuk dapat
mendengar aspirasi dan keinginan – keinginan dari pihak publiknya secara
langsung.
kedua : Peduli kepada masyarakat sekitarnya semisal
ikut program sosial, menyumbangkan masyarakat yang terkena musibah bencana
alam, dan sebagainya.
ketiga : Pameran (exhibitions), pada event –
event tertentu lainnya, semua merupakan upaya peningkatan pengenalan, promosi
dan publikasi produk tertentu.
keempat :
Penjualan secara langsung dengan menawarkan produk kepada konsumennya (door to
door, direct mail, and selas letter offer)
kelima :
Membentuk alat pendukung PR : promosi atau berbentuk barang cetakan (as a
promotion tool and printed material) yang dipergunakan untuk mendukung
publikasi dan pengenalan (awereness), diantaranya sebagai berikut :
1.
Suplement, advertorial (artikel sponsor),
periklanan PR, sponsorship (penyokong acara) sebagainya.
2.
Booklet, sticker, banner, spanduk, umbul – umbul dan
pamflet.
3.
Post card, calender, suplement publications, direct
mail.
4.
Surat berkop perusahaan / lembaga, logo, brands name,
serta membuat kartu nama (name card bussines) untuk membangun relasi atau
kenalan banyak sebanyak mungkin.
5.
Komunikasi melalui faxmili, teleks, dan telepon.
6.
Komunikasi elektronik atau Email, misalnya
internet, computerin line dan direct telepon.
terimakasih infonya bermanfaat sekali
BalasHapusTerimakasih, sangat membantu.
BalasHapus