RESOLUSI sebuah Pencitraan Diri


"Tidak bisa merubah perilaku saat ini juga atau paling lambat mulai esok-esok hari, maka kemungkinan juga tidak akan bisa memperbaikinya walaupun tahun telah berganti"

Masing-masing individu memiliki pemaknaan resolusi yg berbeda. Resolusi sebuah pencitraan diri, pembenahan rencana atau strategi, pembulatan keputusan tentang apa yg ingin dicapai, permintaan, tuntunan, target yg akan diraih dimasa yg akan datang, ketepatan hati, introspeksi diri (merenung kedalam diri dan mencari semua apa yg perlu kita perbaiki dari kita yg ada sekarang ini), mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yg berbeda dengan yg sudah-sudah.
“Yg baru ini lebih baik daripada yg dulu

Sederhananya, makna resolusi untuk menyimpulkan harapan dan tujuan yg akan dicapai dimasa datang. Misalnya, memperbaiki pribadi, mendapatkan nilai A pada semester depan, mendapat kesempatan magang di kantor bonafit, merencanakan proposal skripsi, menabung, lebih banyak memberi kepada orang-orang terdekat.

Yeah.. Membuat resolusi itu seperti menentukan tujuan kemana kita akan pergi dan dalam rangka apa kita pergi.

Untuk mewujudkan resolusi secara maksimal, dibutuhkan sebuah RENCANA,  sebaiknya, pertimbangkan resolusi yg dibuat dengan hati-hati, seperti apa yg akan dilakukan, langkah-langkah apa yg harus diambil dan bagaimana pencapaian resolusi tersebut bisa membuat diri sendiri bertambah baik dibandingkan tahun sebelumnya. Apa TUJUAN dari resolusi itu sendiri. DAFTAR PRIORITAS, membuat daftar berisi prioritas hal-hal yg harus dikerjakan setiap pekan. Meskipun tujuan akhir sesuai tenggang waktu yg telah ditentukan, terus tetapkan tindakan yg harus dilakukan dalam daftar tersebut hingga berhasil mencapainya. ORANG TERKASIH, beritahu keluarga, sahabat atau pasangan mengenai resolusi itu. Ceritakan kepada mereka tentang betapa inginnya hasrat untuk mencapai resolusi tersebut. Minta bantuan orang-orang terkasih untuk memberi peringatan apabila mulai tergelincir dari jalur. Minta bantuan mereka dalam mencapai komitmen yg telah dibuat.... KONSEKUENSI adalah hasil yg akan diterima atas kerja keras. Konsekuensi tentang konsistensi dalam menjalankan resolusi. Jika konsisten, maka hasilnya akan optimal. Namun jika tidak konsisten, sudah pasti kemungkinan kegagalan menjadi konsekuensi yg harus diterima.

Yg lalu telah membuat kita sadar, menjadikan kita kuat dan belajar. Saat ini semakin matang dan bijak dalam melangkah.

Donald M McKay:
"Oh, Lord, teach us to accept the unalterable, but not to be complacent in the face of the alterable." (Ya, Allah, ajarlah kami untuk menerima takdir, tetapi tidak berpuas diri menghadapi hal-hal yg dapat diubah)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar