Theory Uses and Gratifications
Asumsi :
Kegunaan isi media untuk memperoleh gratifikasi atau
penemuan kebutuhan.
Tingkah laku audiens secara garis besarnya dianggap sebagai kebutuhan-kebutuhan dan kepentingan-kepentingan individu. Kategori gratification berasal dari penggunaan media pendekatan uses and gratification menyajikan alternatif lain dalam memandang hubungan antara isi media dengan audiens, dan dalam pengkategorian isi media – menurut “fungsi”.
Tingkah laku audiens secara garis besarnya dianggap sebagai kebutuhan-kebutuhan dan kepentingan-kepentingan individu. Kategori gratification berasal dari penggunaan media pendekatan uses and gratification menyajikan alternatif lain dalam memandang hubungan antara isi media dengan audiens, dan dalam pengkategorian isi media – menurut “fungsi”.
Oposisi terhadap pandangan deterministis tentang efek media.
Keinginan untuk lepas dari debat yang berkepanjangan
tentang selera media massa
hubungan antara isi media dengan audiens, dan dalam pengkategorian isi media – menurut “fungsi” dan bukan menurut “tingkat selera”.
hubungan antara isi media dengan audiens, dan dalam pengkategorian isi media – menurut “fungsi” dan bukan menurut “tingkat selera”.
Dirancang untuk menggambarkan proses penerimaan dalam
komunikasi massa dan menjelaskan penggunaan media oleh individu atau kelompok.
Di sini khalayak diasumsikan
sebagai aktif dan diarahkan oleh tujuan. Anggota khalayak dianggap memiliki
tanggung jawab sendiri dalam mengadakan pemilihan terhadap media massa untuk
mengetahui kebutuhannya, memenuhi kebutuhannya dan bagaimana cara memenuhinya.
Media massa dianggap sebagai hanya sebagai salah satu cara memenuhi kebutuhan
individu dan individu boleh memenuhi kebutuhan mereka melalui media massa atau
dengan suatu cara lain. Riset yang dilakukan dengan pendekatan ini pertama kali
dilakukan pada tahun 1940-an oleh Paul Lazarfeld yang meneliti alasan
masyarakat terhadap acara radio berupa opera sabun dan kuis serta alasan mereka
membaca berita di surat kabar.
Kebanyakan perempuan yang
mendengarkan opera sabun di radio beralasan bahwa dengan mendengarkan opera
sabun mereka dapat memperoleh gambaran ibu rumah tangga dan istri yang ideal
atau dengan mendengarkan opera sabun mereka merasa dapat melepas segala emosi
yang mereka miliki. Sedangkan para pembaca surat kabar beralasan bahwa dengan
membeca surat kabar mereka selain mendapat informasi yang berguna, mereka juga
mendapatkan rasa aman, saling berbagai informasi dan rutinitas.
Seperti yang telah
diskusikan di atas, uses and gratifications merupakan suatu
gagasan menarik, tetapi pendekatan ini tidak mampu melakukan eksplorasi
terhadap berbagai hal secara lebih mendalam. Untuk itu mari sekarang kita
mendiskusikan beberapa perluasan dari pendekatan yang dilakukan dengan
teori uses and gratifications.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar