“Advertising can be used to build
up a long-term image for a product or trigger quick sales”
Artinya, iklan dapat digunakan
untuk membangun citra jangka panjang untuk suatu produk atau sebagai pemicu
penjualan-penjualan cepat. Disadari atau tidak, iklan dapat berpengaruh tetapi
juga dapat berlalu begitu cepat. Iklan sangat unik karena iklan dapat mencapai
tujuan meskipun disampaikan dengan panjang lebar dan terkadang membingungkan.
Karena kita membayar iklan maka kita dapat memilih media yang sesuai untuk
pemasangan atau penayangan iklan, sehingga pesan di dalamnya dapat sampai pada
kelompok sasaran yang dituju.
Elemen-Elemen Iklan
Untuk mengetahui apakah iklan
suatu produk sesuai dengan keinginan atau dapat menarik perhatian masyarakat
maka diperlukan elemen-elemen iklan sebagai berikut :
Elemen heard words, Maksudnya
adalah kata-kata yang terdengar dalam iklan yang dapat membuat audiens semakin
mengerti akan maksud pesan iklan yang disampaikan.
Elemen music,
Maksudnya adalah musik yang terdapat dalam tayangan iklan termasuk iringan
musik maupun lagu yang ditampilkan.
Elemen seen words,
Maksudnya adalah kata-kata yang terlihat pada tayangan iklan yang dapat
mempengaruhi benak pemirsa.
Elemen picture,
Maksudnya adalah gambar atau tayangan iklan meliputi obyek yang digunakan,
figur yang digunakan, adegan yang ditampilkan.
Elemen colour,
Maksudnya adalah komposisi atau keserasian warna gambar serta pengaturan cahaya
yang terdapat dalam tampilan tayangan iklan.
Elemen movement,
Maksudnya adalah gerakan yang ada terlihat pada tayangan iklan yang dapat
mempengaruhi emosi seseorang untuk larut di dalamnya meliputi fragmen cerita
dari adegan yang ditampilkan.
Pengertian dan Ciri Iklan
Korporat
Iklan korporat didefinisikan
sebagai sebuah media yang telah dibayar untuk lebih berupaya dalam memberikan
keuntungan bagi citra suatu perusahaan daripada hanya sekedar produk atau jasa
yang ditawarkan. Beberapa orang mengatakan bahwa iklan korporat merupakan salah
satu bentuk Public Relations atauCorporate
Communications yang dibayar dan mempunyai penekananan pada cara sebuah
organisasi bisa menggunakan media massa untuk meningkatkan citra.
Menurut Publisher
Information Bureau (PIB) sebuah iklan dapat dikatakan sebagai iklan
korporat jika mempunyai satu atau lebih dari ciri-ciri sebagai berikut:
Mempunyai unsur mendidik, menginformasikan, menanamkan kesan pada publik berkenaan dengan kebijakan perusahaan, fungsi perusahaan, fasilitas perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan, cita-cita perusahaan, dan standarstandar yang berlaku di dalam perusahaan tersebut.
Mempunyai maksud untuk membangun opini yang menguntungkan tentang perusahaan dengan menekankan pada kompetensi manajemen perusahaan, unsur-unsur ilmiah dan alamiah yang digunakan perusahaan, keahlian yang digunakan dalam perusahaan, perkembangan teknologi perusahaan, pengembangan produk, kontribusi perusahaan terhadap perkembangan
masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. Dan di sisi lain, dapat menutup opini yang tidak menguntungkan serta mencegah sikap-sikap yang negatif terhadap perusahaan.
Mempunyai unsur mendidik, menginformasikan, menanamkan kesan pada publik berkenaan dengan kebijakan perusahaan, fungsi perusahaan, fasilitas perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan, cita-cita perusahaan, dan standarstandar yang berlaku di dalam perusahaan tersebut.
Mempunyai maksud untuk membangun opini yang menguntungkan tentang perusahaan dengan menekankan pada kompetensi manajemen perusahaan, unsur-unsur ilmiah dan alamiah yang digunakan perusahaan, keahlian yang digunakan dalam perusahaan, perkembangan teknologi perusahaan, pengembangan produk, kontribusi perusahaan terhadap perkembangan
masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. Dan di sisi lain, dapat menutup opini yang tidak menguntungkan serta mencegah sikap-sikap yang negatif terhadap perusahaan.
Membangun kualitas investasi akan
keamanan dan kestabilan perusahaan atau untuk meningkatkan struktur keuangan
perusahaan.Mempunyai niat untuk “menjual” perusahaan sebagai tempat yang baik
untuk dijadikan temapat mata pencaharian. Seringkali, iklan korporat dirancang
seakan-akan meminta para lulusan perguruan tinggi atau orang dengan kemampuan
tertentu untuk bekerja di perusahaan tersebut.
Tujuan Iklan Korporat
Iklan korporat dirancang dengan
dua tujuan akhir, yaitu :
1.
Menciptakan citra yang positif
bagi perusahaan.
2.
Mengkomunikasikan sudut pandang
organisasi terhadap sosial, bisnis, dan permasalahan lingkungan.
Aplikasi tujuan yang lebih khusus
adalah :
1.
Menaikkan atau mendorong motivasi
kerja pegawai dan melancarkan hubungan dengan para tenaga kerja.
2.
Membantu mengurangi kebingungan
para konsumen dan menjawab pertanyaan penanam modal terhadap suatu sistem yang
baru diberlakukan dalam perusahaan.
3.
Membantu dalam mengadakan
pembedaan perusahaan yang berdiri.
4.
Memperkenalkan identitas
perusahaan induk lebih dari sekedar bersandar semata-mata pada nama produk.
Tujuan-tujuan dari iklan korporat di atas mengindikasikan bahwa iklan korporat mempunyai dua sasaran yaitu publik internal dan publik eksternal secara sekaligus serta terlibat dalam mempromosikan organisasi sesuai dengan maksud yang telah menjadi ide dasar iklan korporat yang telah ditentukan sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar