PERANAN, RUANG LINGKUP TUGAS DAN
SASARAN KEGIATAN HUMAS
Peranan public relations dalam suatu organisasi dapat dibagi empat kategori
:
Perkembangan profesionalisme public relation yang berkaitan dengan
pengembangan peranan public relation, baik sebagai praktisi maupun
profesionalisme dalam suatu organisasi atau perusahaan. Menurut Dozier D.M.
merupakan salah satu kunci untuk memahami fungsi public relation dan komunikasi
organisasi selain itu. Hal tersebut juga merupakan kunci untuk pengembangan
peranan praktisi PRO (pejabat Humas) dan pencapaian profesionalisme dalam
public relation.
Peranan public relation dalam suatu organisasi dapat dibagi menjadi 4
kategori:
a. Penasehat ahli, public relation berperan melayani publik dan
menasehati pimpinan organisasi dengan kepentingan umum.
b. Fasilitator komunikasi, disini menciptakan kombinasi dua
arah dengan penyebaran informasi dari organisasi kepada public, dan menyalurkan
opini public kepada organisasi.
c. Fasilitator proses pemecahan masalah, menunjang kegiatan
manajemen dalam mencapai tujuan.
d. Teknisi komunikasi ini menjadi public relation membina
hubungan harmonis antara organisasi dengan public intern dan public ekstern.
Demikian pula peranan Humas selalu identik dengan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan yang bermutu, demikian pula kelompok atau masyarakat menjamin kelangsungan hidupnya melalui pendidikan agar masyarakat melanjutkan eksistensinya. Maka tiap masyarakat meneruskan kebudayaannya dengan beberapa perubahan ke generasi muda melalui pendidikan, melalui interaksi sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar