Jenis Iklan Korporat
Ada tiga jenis iklan korporat
yang paling dasar, yaitu:
1.Iklan Citra Korporat
(Corporate Image Advertising)
Iklan citra korporat merupakan
iklan korporat yang menjalankan fungsi menaikkan citra perusahaan di mata
publik baik internal maupun eksternal. Ketika sebuah perusahaan memiliki usaha
untuk menaikkan citra perusahaan secara keseluruhan akan mempengaruhi
kecenderungan konsumen dalam memilih produk. Tetapi hal yang membedakan di sini
adalah iklan citra korporat tidak dirancang untuk secara langsung dan dalam
waktu yang singkat dapat mempengaruhi produk pilihan konsumen, tetapi
kebanyakan iklan citra korporat bermaksud untuk citra secara umum dan
menguntungkan bagi perusahaan.
2.Iklan Pembelaan/Sokongan
(Advocay Advertising)
Iklan korporat jenis ini
mempunyai misi untuk berusaha menetapkan posisi organisasi pada suatu
permasalahan sosial, politik, dan lingkungan yang sangat penting. Iklan
pembelaan / sokongan adalah sebuah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi opini
publik terhadap permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian perusahaan.
3.Iklan Berorientasi Sosial
(Cause- Related Advertising)
Iklan korporat jenis ini
menunjukkan hubungan sebuah perusahaan dengan hal-hal kegiatan sosial seperti
memberantas kemiskinan, gerakan pemberantasan buta huruf, mengekang
penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Iklan dengan orientasi sosial ini
merupakan bagian dari sistem pemasaran yang disebut dengan cause-related
marketing. Konsep dasar di balik causerelated advertising dan cause-related
marketing ini adalah bahwa perusahaan menjadi donatur organisasi
non-profit sebagai ganti penggunaan nama perusahaan berhubungan dengan kampanye
promosi pada kegiatan sosial. Tujuan dari iklan berorientasi sosial ini adalah menaikkan
citra perusahaan sehubungan dengan kegiatan sosial yang didananai oleh
perusahaan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar