PAMERAN SEBAGAI ALAT PROMOSI
Salah satu
promosi yang efektif dalam memperkenalkan suatu produk ke pasar adalah dengan
mengikuti atau mengadakan pameran. Saat ini sudah banyak event organizer yang
khusus menjadi penyedia sarana pameran tersebut, sehingga perusahaan tidak
perlu repot untuk mengadakan pameran sendiri. Sebenarnya apa pengertian
pameran ?dari segi bahasa pameran berasal dari kata pamer yang
berarti menunjukkan (mendemonstrasikan) sesuatu kepada orang banyak dengan
maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulannya.
Apa
manfaat pameran bagi perkembangan suatu produk? Pameran
mempunyai manfaat antara lain :
Dalam
hal ini seharusnya penjaga pameran bereaksi terhadap perkembangan reaksi
pengunjung pameran dari bentuk respon sekecil apapun, jika perlu pancing reaksi
baik ucapan, penolakan, dll .
2.
Memperkenalkan produk hasil modifikasi
Misal anda memiliki usaha bidang obat herbal, nah anda mecoba menggabungkan dari berbagai bahan-bahan herbal yang berkualitas namun itu tidak lazim, dan orang lain belum merasakan manfaatnya, dengan pameran anda harus mencoba masuk bahwa modifikasi ini adalah sebuah inovasi, dan sosialisasikan di pameran, Jangan sampai anda juga berpikir bahwa modifikasi ini hanya sebuah bentuk produk baru. Ini eranya inovasi
3.Memperkuat
Citra perusahaan
Jika perusahaan anda berkembang dari tahun-tahun sebelumnya, maka selain memajang produk di pameran maka anda perlu membuat diagram statistik bahwa ada kemajuan terhadap produk anda, karena pengunjungpun bisa berempati dan memperhatikan bukan mulai dari produk anda tetapi informasi perkembangang penjualan, kepuasan dari produk dan perusahaan anda. Bangun citra, lewat informasi, produk dan respon.
4. Mengumpulan
informasi pesaing
Jangan pernah melewatkan sekalipun mengumpulkan informasi pesaing jika dalam pameran bidang yang sama. Informasi dari pesaing bisa harga, alat/mesin, hasil terbaru, cabang/agen terbaru. Produk unggulan, dll
5. Menguji
penjualan anda saat pameran
Keberhasilan jangka panjang, harus diuji dengan jangaka pendek. Untuk itu pameran bisa dijadikan cermin dari produk anda, dan hasil penjualan perlu dicatat sebagai evaluasi.
6. Menguji SDM
dan kekuatan teamwork
Saat pameran maka anda juga bisa menguji SDM yang ada baik dari marketing, quality control, produk dan pengepakan. Dll Setidaknya ketika titik temu antara produsen dengan konsumen sedang tinggi maka harusnya SDM juga cukup perhatian terhadap kesempatan ini.
Selain
itu manfaat lain dari pameran adalah : Bahan Ajar Produksi Media Public
Relations By GumgumGumilar, S.Sos., M.Si.
·
Merupakan satu-satunya media periklanan
yang menyentuh semua pancaindra : mata,telinga,hidung dan kulit.
·
Pos atau pusat penerangan yang melayani
segenap peserta pameran dan juga pengunjung,terutama kalangan media massa.
·
Publisitas yang mulai disebarkan sebelum
acara itu dibuka, selama, atau sesudah acara berlangsung, akan dapat
meningkatkan daya tariknya sehingga akan lebih mudah memikat perhatian
pengunjung.
·
Publikasi tersebut akan menyebarluaskan
pesan-pesan pihak penyelenggara kepada ribuan orang, termasuk yang berhalangan
hadir.
·
Menggalang pemahaman dan pengetahuan
khalayak mengenai organisasi atau produk-produknya.
·
Pameran dapat menjadi koreksi terhadap
persepsi maupun impresi seseorang.
·
Melekatnya suatu pengalaman pada diri
seseorang dengan lebih terjamin.
·
Memikat perhatian lebih besar
·
Dapat mempertimbangkan minat public
Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
BalasHapusOh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.
Terima kasih ya min.
Salam blogger.